(( BACA INI ANDA AKAN MENGETAHUINYA )) YERUSALEM.. APA KEISTIMEWAAN KOTA INI BAGI UMAT ISLAM, YAHUDI & KRISTEN..?! LIAT VOTO-VOTO DI BAWAH INI....




bergema di hati umat Islam, Kristen serta Yahudi. Sepanjang beberapa era, mereka telah berbagi ruang itu dengan berbagai sejarah perselisihan di selama zaman.

Yerusalem dalam bhs ibrani dimaksud Yerushalayim, serta al-Quds dalam bhs Arab, merupakan satu diantara kota tertua didunia. Di saat lantas, kota ini pernah ditaklukan, dihancurkan serta di bangun kembali sepanjang sekian kali serta meninggalkan satu sisi berbeda.

Saat wilayah ini jadi fokus dari beragam narasi tentang ketidaksamaan serta perseteruan yang berlangsung antar umat yang tidak sama agama, kenyataannya mereka tetaplah menyatu dalam melindungi kehormatan lokasi tanah suci ini. Meskipun pernah berlangsung sekian kali perseteruan di sini.

Kota tua ini mempunyai arsitektur bersejarah, yang ada pembagian lokasi sendiri untuk umat Islam, Kristen, Yahudi serta Armenia. Dikelilingi oleh tembok batu sebagai satu diantara tempat dari bebrapa website suci didunia.

Tiap-tiap sisi mewakili populasinya sendiri. Kristen mempunyai dua lokasi karena mayoritas orang Armenia juga umat Kristen ; serta lokasi mereka paling kecil di antara yang lain, sebagai Pusat Armenia tertua didunia.

Cukup unik. karena komune mereka sudah menjaga budaya sendiri serta peradaban didalam Gereja St James Church serta biara.

Wilayah Muslim adalah yang terbesar di antara yang lain serta ada tempat suci Dome of Rock serta Masjid al-Aqsa dan dataran tinggi yang di kenal sebagai Haram al-Sharif.

Al-Quds Al-Aqsa



Masjid ini merupakan tempat suci ketiga untuk umat Islam sesudah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Masjid al-Aqsa dikelola oleh Yayasan Islam Waqaf.

Masjid Al-Aqsa (kiri) serta Kubah Al-Sakhrah/Dome of Rock (kanan)
Umat Muslim yakini Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ke Yerusalem dari Mekkah saat lakukan perjalanan malam yang dimaksud Isra Mi’raj.

Lebih dari satu kalangan memiliki pendapat, di Masjid al-Aqsa berikut Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan Sholat berbarengan dengan ruh beberapa Nabi terdahulu.

. : baca juga - TERUNGKAP..!! Berikut The REAL AL-AQSA Yang Asli..!!

Serta di dekat tempat suci Dome of the Rock, ada batu yang diakui umat Muslim, adalah tempat pijakan Rasûlullâh sebelumnya lakukan perjalanan ke Sidrat al-Muntahā di Surga.

Banyak umat Muslim yang mengunjungi website suci itu selama th.. Tetapi, setiap hari Jum'at pada bln. Ramadhan, ratusan ribu umat Muslim lakukan Sholat di Masjid ini.

Gereja

Di dalam wilayah Kristen ada Gereja Makam Kudus, sebagai


website utama untuk umat Kristen di semua dunia. Website ini ada di


dalam histori perjalanan Yesus,
kematiannya, penyaliban serta kebangkitan.

Menurut tradisi Kristen, Yesus disalib disana, di Golgotha, atau bukit Calvary, makamnya ada didalam gereja, yang juga adalah tempat kebangkitannya.



gambar tengah - Makam Yesus di dalam Gereja

Gereja dikelola secara bersama oleh perwakilan golongan Kristen yang tidak sama, sebagian besar dari Patriarkat Ortodok Yunani, Biara Franciskan dari Gereja Katolik Roma, serta Patriarkat Armenia, namun juga Ethiopia, Koptik, serta Gereja Ortodoks Suriah.

Lokasi ini merupakan tempat maksud ziarah untuk jutaan umat Kristen di semua dunia.

Tembok Ratapan

Lokasi Yahudi merupakan tempat untuk Kotel, atau Tembok Barat atau di kenal sebagai Tembok Ratapan, yang merupakan sisi dari dinding sisi yang tersisa dari bangunan Bait Suci.

Tembok Ratapan yaitu tempat yang utama serta dikira suci oleh orang Yahudi. Ini yaitu bekas dinding Bait Suci di Yerusalem yang di bangun oleh Raja Herodes. Bait Suci itu hancur saat beberapa orang Yahudi memberontak pada kerajaan Romawi pada th. 70 Masehi.

Panjang tembok ini aslinya sekitar 485 mtr., serta saat ini sisanya hanyalah 60 mtr..
Hasil gambar untuk foto tembok yahudi
Hasil gambar untuk foto tembok yahudi

pembersihan kertas-kertas doa di Tembok Ratapan
Orang Yahudi yakin kalau tembok ini tak turut hancur sebab di situlah berdiam " Shekhinah " (kehadiran ilahi). Jadi, berdoa di situ sama berarti dengan berdoa pada Tuhan.

Tembok ini dulunya di kenal cuma untuk Tembok Barat, namun saat ini dimaksud " Tembok Ratapan " lantaran di situ orang Yahudi berdoa serta meratapi dosa-dosa mereka dengan penuh penyesalan.

Selain mengucapkan doa-doa, mereka juga menempatkan doa yang ditulis pada sepotong kertas, yang disisipkan pada celah-celah dinding itu.

Golongan Yahudi yakin, kalau tempat ini dapat adalah tempat batu fondasi penciptaan bumi, serta tempat di mana Abraham (Nabi Ibrahim 'alayhi as-salam) bersiap untuk mengorbankan anaknya Isaac (Nabi Ishaq 'alayhi as-salam). 1

Saat ini, Tembok Ratapan adalah tempat paling dekat untuk golongan Yahudi untuk berdoa ke Maha Kudus.

Tempat ini dikelola oleh Rabi serta tiap-tiap tahunnya jutaan orang Yahudi dari seluruh dunia untuk lakukan ziarah.

1 Umat Yahudi maupun Nasrani memiliki pendapat serta yakini kalau yang di-qurban-kan yaitu Isaac atau Nabi Ishaq 'alayhi as-salam ; sesaat dilain pihak, Umat Islam memiliki pendapat serta yakini kalau yang di-qurban-kan yaitu Nabi Ismail 'alayhi as-salam. *lihat sejarah Qurban

http://www.berita-oke.com/2016/05/baca-ini-anda-akan-mengetahuinya.html
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar