INI LAH 5 BAGIAN TUBUH YANG HARUS DIJAGA DENGAN HATI HATI BILA TERBENTUR AKAN TERASA SAKIT.


Jika terkena benturan, pada pria testis kerap menjadi bagian tubuh yang terasa amat nyeri. Sementara, pada wanita, payudara disebut menjadi bagian tubuh yang akan terasa sangat sakit ketika terbentur.

Nah, selain dua bagian tubuh itu, ada bagian tubuh lainnya yang benar-benar terasa sakit meski hanya terbentur sedikit saja. Seperti dikutip dari Men's Health, ini dia lima bagian tubuh yang akan terasa amat sakit ketika terbentur sedikit saja.

1   1.Ujung jari

Salah satu studi dalam Annals of Neurology menyebutkan ujung jari lebih sensittif pada rasa sakit. Itulah mengapa potongan kertas kecil yang menusuk jari saja bisa terasa menyakitkan. Pasalnya, ujung jari terdiri dari banyak ujung saraf yang mengirim sinyal rasa sakit langsung ke otak.

"Pada otak pun, cukup banyak area yang berkaitan dengan rasa sakit yang berasal dari ujung jari. Sehingga, ketika ujung jari terbentur atau terinjak, rasa sakitnya amat luar biasa," tutur William Binegar, MD, direktur medis di Pain Care Boise, Idaho.

2. Tibia

Binegar mengatakan, tibia atau tulang depan di kaki bagian bawah memiliki bantalan berupa otot atau lemak yang sedikit. Sehingga, ketika terbentur atau tertendang, tibia bisa terasa amat sakit.


3. Lengkungan di telapak kaki

   Lengkungan di telapak kaki dilapisi kulit yang tipis karena memang bagian kulit yang tebal terletak di bagian depan telapak kaki atau bola kaki. Untuk itu, kulit yang tipis di lengkungan telapak kaki akan membuat area itu terasa amat sakit ketika menginjak lego atau benda yang keras, demikian disampaikan David Blackmer, DPM, pendiri Blackmer Foot and Ankle.

"Bola kaki dan bagian depan telapak kaki didesain untuk menahan tekanan yang lebih besar sehingga kulit di area itu lebih tebal. Sementara, lengkungan di tengah telapak kaki memiliki kulit yang tipis sehingga saraf di bawahnya lebih dekat ke permukaan telapak kaki," tutur Blackmer.

4. Bagian depan dan belakang lutut

Pakar radiologi bersertifikat, Douglas J. Spiel, MD mengatakan sama seperti tibia, tempurung lutut tidak memiliki bantalan dari otot atau lemak yang cukup. Kemudian, lapisan tulang di lutut bagian atas atau lapisan periosteum sarat akan saraf sensorik yang lebih mudah menghantarakan sinyal sakit ke otak.

"Kemudian, bagian belakang lutut juga tidak terlindungi. Sehingga, ketika bagian belakang lutut terbentur, ada nyeri ganda yang dialami yakni yang berasal dari benturan di belakang lutut dan tulang paha," kata Spiel.

5. Funny bones

Spiel menjelaskan, funny bones merujuk pada saraf ulnaris yang ada di belakang siku. Saraf ini berada tepat di sebelah tulang lengan atas yang disebut humerus. Karena nyaris tidak memiliki pelindung, maka saraf ulnaris bisa mengirim sinyal sakit ke otak lebih cepat ketika mengalami benturan.

"Saraf terdiri dari serat yang berbeda. Ada serat yang merespons sentuhan dan juga rasa sakit. Nah, saraf ulnaris bisa dikatakan mengandung lebih banyak serat yang merespons rasa sakit," kata Spiel.http://aktualtrend.blogspot.co.id/






Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar